Serie A Italia Bisa Digelar Lagi Mulai 13 Juni 2020

Nasib liga-liga top Eropa sudah mulai menemui titik terang. Setelah Bundesliga Jerman dipastikan bergulir lagi pada 16 Mei besok, kini giliran Serie A Italia yang kemungkinan besar dilanjutkan mulai tanggal 13 Juni 2020 mendatang.

Sebagaimana laporan yang diturunkan goal Internasional, kemungkinan tersebut muncul setelah 20 Tim Serie A Italia menggelar pertemuan pada Rabu kemarin (13/05). Ada dua opsi tanggal kembalinya kompetisi, antara 13 Juni atau 20 Juni.

Laporan yang sama menyebut bahwa mayoritas klub lebih memilih tanggal 13 Juni, karena lebih cepat lebih baik.

Kendati sudah ada kesepakatan dari para kontestan, saat ini penyelenggara liga masih menunggu izin dari pemerintah sebelum benar-benar mengeluarkan pengumuman resmi tentang tanggal pasti kapan Liga bergulir lagi.

Namun yang jelas, kabar ini adalah kabar baik, terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat mulai jenuh.

“Mengenai kelanjutan aktivitas keolahragaan, tanggal 13 juni dipilih untuk melanjutkan kompetisi, sesuai dengan keputusan pemerintah dan sesuai dengan protokol medis untuk melindungi para pemain serta seluruh profesional.” Demikian rilis resmi Serie A.

Vincenzo Spadafora selaku Menteri Olahraga Italia juga mengaku telah menerima surat dari Federasi sepakbola Italia atau FIGC terkait dengan rencana pengguliran latihan mulai 18 Mei besok. Tentu, akan ada protokol medis yang ketat bakal diterapkan.

“Beberapa menit lalu saya menerima surat dari presiden FIGC, Gabriele Gravina, yang mengumumkan bahwa FIGC sudah menerima setiap saran Scientific Technical Comitee, menyesuaikan kembali protokol untuk mengizinkan latihan kembali per 18 Mei,” kata spadafora.

Sedangkan untuk masalah hak siar, mereka yang memiliki hak siar Serie A italia untuk periode 2018 sampai 2021 harus tetap membayarkan kewajiban mereka sesuai kesepakatan.

“Majelis Serie A hari ini bertemu dengan semua perusahaan yang berkepentingan melalui panggilan konferensi video. Serie A menegaskan kembali, mengenai lisensi hak siar tahun 2018 sampai 2021, mereka tetap akan mematuhi tenggat pembayaran sesuai kontrak.” Bunyi pernyataan Serie A.

Sebelum dihentikan, Serie A italia sudah memainkan 26 pertandingan. Artinya, masih ada 12 laga tersisa, dan kemungkinan besar akan digelar tanpa penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *