Menang di Santiago Bernabeu, Pep Disanjung Legenda City

Kemenangan atas Real Madrid di Santiago Bernabeu dinihari tadi tak lepas dari ramuan ‘baru’ dari pelatih Pep Guardiola. Tak heran jika banyak yang kemudian menyanjung tangan dingin pelatih asal Spanyol, termasuk salah satunya legenda klub, Micah Richards.

Sebenarnya, para pemain Manchester City juga ikut terkejut dengan perubahan formasi yang dilakukan Pep Guardiola. Mantan pelatih Barcelona itu mengubah pakem 4-3-3 yang biasa dia gunakan menjadi 4-4-1-1.

Tak hanya formasi, Pep bahkan tidak menyertakan nama-nama seperti Sergio Aguero, Fernandinho dan Raheem Sterling sebagai starter dalam laga tersebut. Lalu beberapa pemain juga tidak dimainkan pada posisi yang seharusnya.

Misalnya Gabriel Jesus, jika pemain Brazil biasanya bermain sebagai penyerang tengah, dalam laga tersebut dia tampil sebagai gelandang kiri. Bernardo Silva yang biasanya menghuni posisi tersebut justru bermain sebagai penyerang tunggal.

Meski cukup kontroversial dan membuat kaget banyak pihak, racikan pep Guardiola ini terbukti efektif untuk membungkam publik Santiago Bernabeu. Pasukan Zinedine Zidane akhirnya takluk dengan skor 1-2, meski sempat unggul lebih dulu lewat gol Isco.

Tak ayal, tangan dingin sang manajer lantas mendapat sanjungan dari banyak pihak, termasuk legenda klub Micah Richards.

“Ini adalah masterclass. Beberapa kali, orang-orang mempertanyakan Pep – tidak memainkan David Silva, Sterling, Aguero, Fernandinho – dia pantas mendapatkan pujian yang besar. Malam ini ia menunjukkan bahwa bila dia bukan pelatih terbaik di dunia, dia adalah salah satu dari tiga besar,” katanya kepada Radio BBC 5.

Pelatih Pep Guardiola sendiri mengaku puas dengan kinerja para pemainnya sepanjang pertandingan tadi. Hanya saja, sang juru taktik enggan jemawa karena masih ada pertandingan leg kedua yang mungkin akan lebih berat.

“Saya senang dan puas dengan kemenangan dan performa anak-anak. Tapi, semuanya belum usai. Hanya akan ada satu klub yang akan tampil sebagai juara. Manchester City belum memenangi banyak gelar, tapi bisa menang di Santiago Bernabeu adalah kepuasan tersendiri,” kata Pep.

Adapun, pertandingan leg kedua antara kedua tim baru akan dilangsungkan pada 19 Maret 2020 mendatang di Etihad Stadium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *