Eks Pelatih Madrid: Messi Adalah Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Meski menyandang status sebagai mantan pelatih Real Madrid, Vicente del Bosque, tak segan memuji Lionel Messi sebagai pesepak bola terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Selama kurang lebih dua dekade terakhir ini, memang harus diakui bahwa La Pulga merupakan satu di antara pesepak bola terbaik. Berbagai trofi juara berhasil direngkuhnya, termasuk trofi individu seperti 6 Ballon d’Or.

Selama kurang lebih 16 tahun membela Barca, Lionel Messi sukses mencetak 634 gol dan 286 assist dari 730 penampilan di seluruh ajang. 33 trofi juara juga dipersembahkan untuk Raksasa Catalan.

Raihan individunya juga mentereng, dia berhasil mengoleksi enam penghargaan FIFA Ballon d’Or/Ballon d’Or, serta enam trofi Sepatu Emas Eropa.

Sayang sekali, Messi memang belum mampu mengantarkan Tim Nasional Argentina jadi juara di panggung Internasional. Pencapaian terbaiknya adalah final Piala dunia 2014, saat itu Tim Tango kalah 0-1 dari Jerman di babak final.

Meski demikian, fakta tersebut tak lantas membuat orang-orang meragukan predikat Messi sebagai salah satu yang terbaik. Termasuk salah satu diantaranya adalah Vicente Del Bosque.

Mantan pelatih Real Madrid dan Tim Nasional Spanyol tetap memuji kualitas mengolah bola yang dimiliki Lionel Messi. Bahkan menurut dia, Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa.

Bahkan, Del Bosque tak ragu untuk menyebut bahwa kemampuan Messi saat ini sudah melebihi kemampuan seniornya, Diego Maradona.

“Messi adalah pesepak bola dari lingkungan sekitar, dari jalan. Dia memiliki visi bermain, dominan dan dribel yang tidak lagi terlihat di dunia. Messi melakukan dominasi dan dribel di mana dia perlu melakukannya, di dekat atau di area kotak penalti lawan.”

“Dia saat ini adalah pemain terbaik di dunia. Messi adalah pewaris Maradona, dan saya merasa dia sudah melampaui sang master. Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa. Mungkin seseorang dapat membantahnya,” ujar Del Bosque.

Selama ini, Messi memang tak hanya dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, tapi juga dengan para legenda besar sepakbola seperti Pele dan Diego Maradona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *